Membuat Menu Aplikasi
#Modul yang dipakai adalah appuifw, dan e32
import appuifw, e32
#define: membuat suatu fungsi sendiri untuk menu aplikasi.
def item1():
appuifw.note(u"belajar python", "info")
def item2():
appuifw.note(u"pelajaran dasar", "info")
membuat fungsi untuk keluar saat menekan tombol right softkey.
def quit():
app_lock.signal()
#keterangan:
4 spasi untuk membuat fungsi dalam 1 blok
#membuat menu aplikasi yang bisa memilih (menu1, menu2)
#dan memanggil fungsi yang telah dibuat tadi (item1, item2)
appuifw.app.menu = [(u"one", item1), (u"two", item2)]
#membuat tombol exit
appuifw.app.exit_key_handler = quit
#membuat objek aktif
app-lock = e32.Ao_loch()
#memulai waktu
app_lock.wait()
lengkapnya menjadi:
import appuifw, e32
def item1():
appuifw.note(u"belajar python", "info")
def item2():
appuifw.note(u"pelajaran dasar", "info")
def quit():
app_lock.signal()
appuifw.app.menu = [(u"menu1", item1), (u"menu2", item2)]
appuifw.app.exit_key_handler = quit
app-lock = e32.Ao_lock()
app_lock.wait()
Membuat SubMenu
#caranya sama dengan membuat menu aplikasi hanya saja menambahkan menu di dalam menu seperti ini (menu1, (submenu1, submenu2), menu2, (submenu1, submenu2))
contoh kodenya:
appuifw.app.menu = [(u"menu1", ((u"submenu1", item1), (u,"submenu2", item2)), (u"menu2", ((u"submenu1", item1), (u"submenu2", item2))))]
import appuifw
# membuat suatu list dengan isi dari Pop-up
L = [u"Python", u"Symbian", u"java"]
# membuat pop-up menu mencakup list dan label
appuifw.popup_menu(list, label)
test = appuifw.popup_menu(L, u"Pilihan:")
# membuat variabel test untuk memasukan perintah ke dalam List (berdasarkan urutan posisi dalam List)
# telah terpilih
# mencetuskan beberapa tindakan ( di sini kita mencetak sesuatu (yang))
if test == 0 :
appuifw.note(u"Python, yes", "info")
elif test == 1 :
appuifw.note(u"Symbian, ok", "info")
elif test == 2 :
appuifw.note(u"belajar java", "info")
keterangan:
angka 0 menunjukan urutan pertama dalam List yaitu Python, kemudian angka 1 menunjukan urutan keduanya yaitu Symbian, begitu juga selanjutnya.
contoh lengkap kodenya menjadi
import appuifw
L = [u"Python", u"Symbian", u"java"]
test = appuifw.popup_menu(L,u"Pilihan")
if test == 0 :
appuifw.note(u"Python yes","info")
elif test == 1 :
appuifw.note(u"symbian, ok","info")
elif test == 2 :
appuifw.note(u"belajar java","info")
#Modul yang dipakai adalah appuifw, dan e32
import appuifw, e32
#define: membuat suatu fungsi sendiri untuk menu aplikasi.
def item1():
appuifw.note(u"belajar python", "info")
def item2():
appuifw.note(u"pelajaran dasar", "info")
membuat fungsi untuk keluar saat menekan tombol right softkey.
def quit():
app_lock.signal()
#keterangan:
4 spasi untuk membuat fungsi dalam 1 blok
#membuat menu aplikasi yang bisa memilih (menu1, menu2)
#dan memanggil fungsi yang telah dibuat tadi (item1, item2)
appuifw.app.menu = [(u"one", item1), (u"two", item2)]
#membuat tombol exit
appuifw.app.exit_key_handler = quit
#membuat objek aktif
app-lock = e32.Ao_loch()
#memulai waktu
app_lock.wait()
lengkapnya menjadi:
import appuifw, e32
def item1():
appuifw.note(u"belajar python", "info")
def item2():
appuifw.note(u"pelajaran dasar", "info")
def quit():
app_lock.signal()
appuifw.app.menu = [(u"menu1", item1), (u"menu2", item2)]
appuifw.app.exit_key_handler = quit
app-lock = e32.Ao_lock()
app_lock.wait()
Membuat SubMenu
#caranya sama dengan membuat menu aplikasi hanya saja menambahkan menu di dalam menu seperti ini (menu1, (submenu1, submenu2), menu2, (submenu1, submenu2))
contoh kodenya:
appuifw.app.menu = [(u"menu1", ((u"submenu1", item1), (u,"submenu2", item2)), (u"menu2", ((u"submenu1", item1), (u"submenu2", item2))))]
Membuat pop-up menu
#Modul yang digunakan appuifwimport appuifw
# membuat suatu list dengan isi dari Pop-up
L = [u"Python", u"Symbian", u"java"]
# membuat pop-up menu mencakup list dan label
appuifw.popup_menu(list, label)
test = appuifw.popup_menu(L, u"Pilihan:")
# membuat variabel test untuk memasukan perintah ke dalam List (berdasarkan urutan posisi dalam List)
# telah terpilih
# mencetuskan beberapa tindakan ( di sini kita mencetak sesuatu (yang))
if test == 0 :
appuifw.note(u"Python, yes", "info")
elif test == 1 :
appuifw.note(u"Symbian, ok", "info")
elif test == 2 :
appuifw.note(u"belajar java", "info")
keterangan:
angka 0 menunjukan urutan pertama dalam List yaitu Python, kemudian angka 1 menunjukan urutan keduanya yaitu Symbian, begitu juga selanjutnya.
contoh lengkap kodenya menjadi
import appuifw
L = [u"Python", u"Symbian", u"java"]
test = appuifw.popup_menu(L,u"Pilihan")
if test == 0 :
appuifw.note(u"Python yes","info")
elif test == 1 :
appuifw.note(u"symbian, ok","info")
elif test == 2 :
appuifw.note(u"belajar java","info")